» » » PENYEMBELIHAN HEWAN 'AQIQAH

PENYEMBELIHAN HEWAN 'AQIQAH

Apabila lahir seorang bayi, maka orang tua/ ayahnya hendaklah melakukan:
  1. Sujud syukur
    Yakni bersyukur atas kelahiran anak itu, dengan cara sebagai berikut: Setelah berwudlu’ lalu menghadap qiblat dan melakukan Takbiratul Ihram (dengan niat sengaja shalat sujud syukur), tanpa membaca Fatihah terus sujud bacaan di waktu sujud:
    سٙجٙدٙ وٙجْہِيٙ لِلَّذِىْ خخَلَقَہٗ وَشَقَّ سَمْعَہٗ وَبَصَرَتَہٗ فَتَبَارَكَ اللہُ ٲَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ
    Kusujudkan wajahku kepada yang menciptakannya dan yang menyempurnakan pendengaran dan penglihatannya lalu Allah menjadikannya dalam bentuk yang sempurna.
  2. Waktu 'Aqiqah
    Penyembelihan Hewan 'Aqiqah Setelah 7 hari, atau 14 hari, atau 21 hari, atau kelipatannya dari kelahiran bayi itu (kalau ada kelapangan) melaksanakan ‘aqiqah anak itu dengan seekor kambing jantan atau betina untuk anak perempuan; atau dua ekor kambing untuk anak laki-laki. Hukum ‘aqiqah adalah sunnah muakkad.
    1. Tulang-tulang kambing yang disembelih untuk aqiqah, hendaklah tidak dipotong-potong.
    2. Memasak dagingnya agak manis.
      NAMA-NAMA ISLAMI
    3. Tidak ada bacaan-bacaan, tetapi boleh membaca Al Qur an.
      HEWAN 'AQIQAH
    4. Dianjurkan membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW.
      NAMA ANAK ISLAMI
      'AQIQAH
  3. Cukur Rambut
    Bersamaan waktu pelaksanaan aqiqah tersebut, si bayi dicukur rambutnya, berikut ini do'a mencukur rambut bayi:
    ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤٰﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴﻢِ. ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠّٰﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦَ. ﺍﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﻧُﻮْﺭُ ﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕِ ﻭَﻧُﻮْﺭُ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲِ ﻭَﺍﻟْﻘَﻤَﺮِ ، ﺍﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺳِﺮُّ ﺍﻟﻠﻪ ﻧُﻮْﺭُ ﺍﻟﻨُّﺒُﻮَّﺓِ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ. ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠّٰﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦ
    Rambut yang dicukur itu ditimbang dengan emas dan emas seberat rambut bayi itu diberikan kepada fakir-miskin sebagai shadaqah (kalau sanggup bukan wajib). Dalam penyembelihan aqiqah dan pencukuran rambut inilah bayi tersebut diberi nama.
    'AQIQAH
  4. Pemberian Nama Bayi
    Memberikan nama anak yang baik, sabda Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:
    قَال النَّبِىّ صَلَى اللہُ عَلَيْہِ وَسَلَّمَ ؛ ٳِنَّ مِنْ حَقٍّ الْوَالِدِ عَلٰى وَلَدِہٖ ٲَنْ يُّعَلِّمَہُ الْكِتَابَةَ وَٲَنْ يُحَسِنَ ٳِسْمُہٗ وَٲَنْ يُزَوِّجَہٗ ٳِذَا بَلَغَ۔ رواہ ٳبن انّجار
    Sabda Nabi SAW: Sesungguhnya diantara kewajiban orang tua terhadap anaknya mengajarinya menulis, memberikan nama yang baik, dan menikahkannya bila telah dewasa. (H.R. Ibnu Najar).
Penjelasan mengenai pemberian nama yang baik bagi anak dapat dibaca pada Tuntunan Pemberian Nama Dalam Islami dan Nama-nama Yang Dilarang Dalam Islam. Sedangkan mengenai daftar nama Islami dapat dilihat pada Nama Islami Terlengkap dari Asmaul Husna Untuk Bayi Laki-laki dan Nama-nama Islami Lengkap Untuk Bayi Perempuan dari Asmaul Husna.
NAMA BAYI
NAMA ANAK ISLAMI
NAMA-NAMA BAYI ISLAMI
NAMA-NAMA ANAK ISLAMI
PENYEMBELIHAN HEWAN
PENYEMBELIHAN HEWAN AQIQAH

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

WEDNESDAY, 21 JANUARY 2015

TUNTUNAN PEMBERIAN NAMA ANAK DALAM ISLAM

Mendapapatkan nama yang baik merupakan hak anak dan kewajipan kedua orang tua (ibu dan bapak) memberikan nama yang baik kepada bayi ya...