» » » » » NAMA-NAMA NABI DAN RASUL ULUL AZMI

NAMA-NAMA NABI DAN RASUL ULUL AZMI

Dari dua puluh lima (25) nama Nabi dan Rasul yang disebut dalam al Qur an, ada lima (5) Nabi dan Rasul yang tergolong dalam kelompok Ulul Azmi. Ulul Azmi merupakan Nabi dan Rasul pilihan dari sekian banyak Nabi dan Rasul, gelar ini diberikan hanya kepada Nabi dan Rasul yang memiliki tingkat kesabaran dan ketabahan yang luar biasa dalam menjalankan amanah Allah untuk menyebarkan agama Allah di muka bumi ini.
Berikut nama-nama Nabi dan Rasul Ulul Azmi:
  • Nabi Nuh A.S.
  • Nabi Ibrahim A.S.
  • Nabi Musa A.S.
  • Nabi Isa A.S.
  • Nabi Muhammad SAW.

NAMA-NAMA NABI
NAMA-NAMA ISLAMI
NAMA-NAMA BAYI
Nabi Nuh a.s. Beliau berdakwah 950 tahun hanya dapat pengikut 10 orang, bahkan anaknya (Kan’an) tidak beriman. Dan ketika beliau diperintah Allah untuk membuat bahtera, orang-orang di sekelilingnya menyangka Beliau gila, bahkan dicaci dengan kata-kata yang sangat hina, namun Beliau tetap shabar, tabah teguh hati dalam menjalankan amanah Allah untuk menyebarkan agama Allah.
NAMA-NAMA NABI
NAMA-NAMA ISLAMI
NAMA-NAMA BAYI
Nabi Ibrahim a.s. banyak ujian yang dialami Beliau antara lain  dimasukkan dalam kobaran api yang sangat besar dan menggunung, namun tidak terbakar dan tidak merasa panas karena pertolongan Allah; kesabaran dan ketabahan juga tampak pada kisah Belia dengan (Ismail a.s.) anaknya yang melatarbelakangi penyembelihan hewan qurban pada hari Idul Adha dan hari-hari Tasyrik.
NAMA-NAMA NABI
NAMA-NAMA ISLAMI
NAMA-NAMA BAYI
Nabi Musa a.s. Beliau tetap sabar dan tabah dalam menjalankan amanah Allah untuk menyebarkan agama Allah walau harus meninggalkan negerinya (Mesir) karena diusir Fir aun dan tentaranya.
NAMA-NAMA NABI
NAMA-NAMA ISLAMI
NAMA-NAMA BAYI
Nabi Isa a.s. Walau Beliau diancam dengan hukuman mati oleh putusan Hakim Romawi, namun sabar, tabah dan teguh dalam menjalankan amanah Allah untuk menyebarkan agama Allah.
NAMA-NAMA NABI
NAMA-NAMA ISLAMI
NAMA-NAMA BAYI
...padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan 'Isa bagi mereka.  Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (Q.S.AnNisa (4):157) . Dan akhir kehidupan Isa Al Masyih (Yesus Kristus). (Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya".(Q.S. Ali Imran (3): 55).
Nabi Muhammad SAW; Walau Beliau harus meninggalkan kampung halamannya dan harus menerima berbagai fitnah dan cacian dari sebagian kaumnya, namun Beliau tetap sabar, tabah dan teguh dalam menjalankan amanah Allah untuk menyebarkan agama Allah.
NAMA-NAMA NABI
NAMA-NAMA ISLAMI
NAMA-NAMA BAYI
NAMA-NAMA NABI
NAMA-NAMA ISLAMI
NAMA-NAMA BAYI

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

WEDNESDAY, 21 JANUARY 2015

TUNTUNAN PEMBERIAN NAMA ANAK DALAM ISLAM

Mendapapatkan nama yang baik merupakan hak anak dan kewajipan kedua orang tua (ibu dan bapak) memberikan nama yang baik kepada bayi ya...